Asuransi Jiwa: Manfaat, Jenis, Tips, dan Rekomendasinya

“Asuransi jiwa adalah salah satu jenis asuransi yang sangat penting untuk menjaga Anda dan keluarg tercinta.”

Dewasa ini masyarakat dunia tak terkecuali masyarakat Indonesia terbilang melek asuransi karena dianggap dapat memberikan rasa aman dan tentram terhadap risiko yang tidak diinginkan terjadi di masa depan.

Berbagai jenis asuransi yang spesifik ditawarkan oleh beberapa perusahaan penyedia asuransi kepada nasabahnya dengan keuntungan dan kesepakatan tertentu.

Salah satu jenis asuransi yang saat ini populer digunakan kalangan masyarakat adalah asuransi jiwa.

Jika Anda sedang mencari informasi terkait asuransi jiwa, usahakan membaca artikel ini sampai tuntas ya!

Asuransi Jiwa untuk Masa Depan Keluarga

1. Penjelasan Tentang Asuransi Jiwa

Agar Anda mengerti, kita mulai dengan pertanyaan “Apa itu asuransi jiwa?”

Asuransi jiwa adalah salah satu jenis layanan asuransi yang digunakan untuk proteksi terhadap risiko kerugian finansial, kehilangan pendapatan, atau kematian salah satu anggota keluarga tertanggung yang menjadi sumber pencari nafkah keluarga tersebut.

Singkatnya, definisi asuransi jiwa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pertanggungan jiwa (tentang kematian).

Adapun menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), pengertian asuransi jiwa adalah suatu program perlindungan dalam bentuk pengalihan risiko ekonomis atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Tentunya, dengan mengikuti layanan asuransi ini Anda berupaya mengantisipasi risiko yang dapat menyebabkan keluarga yang ditinggalkan mengalami kesulitan ekonomi di masa yang akan datang.

Inilah yang membuat pentingnya asuransi jiwa bagi masyarakat, terlebih jika Anda merupakan tulang punggung keluarga sehingga dapat memberikan jaminan terhadap risiko yang tak pasti seperti ancaman kesehatan, kecelakaan, bahkan kematian.

2. Manfaat Asuransi Jiwa

Jika Anda sudah mencari informasi sebagai referensi untuk mengikuti asuransi, tentu Anda sudah berpikir sangat maju.

Pasalnya, penggunaan asuransi di zaman sekarang yang tak menentu merupakan pilihan yang cerdas sebagai strategi bertahan hidup terutama bagi keluarga Anda ke depannya.

Nah, apa sajakah manfaat dari asuransi populer ini?

Berikut rangkumannya, ya!

2.1 Pikiran Aman dan Tentram

Kematian kepala keluarga tidak hanya meninggalkan luka yang mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan, tetapi juga memberikan dampak sangat buruk bagi keuangan keluarganya.

Agar risiko ini dapat dihindari, mengikuti layanan asuransi jiwa merupakan pilihan cerdas agar kehidupan keluarga tetap berjalan normal dengan kondisi keuangan yang baik pasca ditinggal kematian.

Tentunya, dengan Anda mengikuti asuransi secara tidak langsung akan berpengaruh kepada perasaan dan pikiran yang lebih tenang dan tentram dalam menjalani kehidupan.

2.2 Melindungi Ahli Waris

Manfaat asuransi jiwa yang kedua adalah memproteksi ahli waris.

Penggunaan asuransi jiwa dapat melindungi ahli waris dari beban-beban finansial yang akan menyulitkannya jika ditinggalkan oleh keluarga sang pemberi nafkah.

Jika sang pemberi nafkah meninggal dunia, maka asuransi akan otomatis bisa diklaim oleh pihak tertanggung.

Tak dapat dipungkiri, asuransi jiwa tidak akan bisa mencegah seseorang mengalami musibah tetapi asuransi dapat meringankan kerugian finansial yang diakibatkan musibah tersebut.

2.3 Menjamin Pendidikan Anak

Asuransi akan sangat membantu jika Anda memiliki tanggungan (anak) yang masih menempuh pendidikan terutama yang berada dalam usia kanan-kanak, di mana jenjang pendidikan masih jauh untuk ditempuh dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Demi meraih cita-cita sang buah hati, Anda tentunya tidak menginginkan anak kesayangan meninggalkan bangku pendidikan bukan?

2.4 Sarana Menabung dan Alternatif Investasi

Anda juga bisa menggunakan asuransi sebagai sarana menabung demi dana pensiun Anda nantinya.

Tentunya, ini merupakan bentuk antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya.

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan berlipat, Anda juga dapat menggunakan layanan produk asuransi unit-link.

Jika Anda beruntung, keuntungan investasi dapat Anda petik dengan memuaskan.

2.5 Mencegah Hilangnya Penghasilan Keluarga

Kelima, manfaat asuransi ini dapat mencegah hilangnya penghasilan keluarga.

Jika Anda memiliki asuransi jiwa, keluarga Anda akan memperoleh manfaat berupa uang tunai untuk melanjutkan hidupnya kelak jika terjadi musibah pada Anda.

Dengan itu, keluarga Anda tidak perlu menjual aset bahkan berutang untuk menutupi kekurangan pasca ditinggal kematian.

2.6 Cara Paling Murah dan Mudah Memiliki Uang Cash

Manfaat terakhir yaitu peran asuransi ini ternyata dapat menyediakan uang cash dalam jumlah besar lho!

Bayangkan saja jika seumpama Anda memiliki uang pertanggungan ratusan juta bahkan milyaran, berapa lama waktu untuk mengumpulkan uang tersebut?

Nah, jika Anda mengikuti layanan asuransi jiwa pihak perusahaan asuransi dapat memberikan uang secara cash.

3. Premi dan Klaim Asuransi Jiwa

Selain memperhatikan manfaat yang dapat diperoleh dari asuransi jiwa, perlu Anda perhitungkan pula besaran premi yang perlu Anda bayarkan nantinya.

Hal tersebut sangat penting, mengingat asuransi akan menjadi salah satu komponen pengeluaran keuangan rutin Anda dalam jangka waktu yang panjang.

Jadi, perhatikan hal tersebut sejak awal, ya!

Namun, pada dasarnya premi yang ditetapkan mayoritas perusahaan dibayarkan dalam jangka waktu bulanan, triwulan, bahkan tahunan tergantung kesepakatan di awal kontrak.

Terdapat beberapa hal yang memengaruhi besaran premi yang ditetapkan, berikut beberapa faktor yang memengaruhi.

3.1 Usia

Dalam asuransi, semakin tua usia pihak tertanggung maka makin tinggi pula premi yang harus dibayarkan kepada pihak perusahaan asuransi.

Hal ini disebabkan karena tingginya risiko yang mungkin terjadi kepada pihak tertanggung.

3.2 Riwayat Medis

Saat Anda memutuskan untuk mendaftar layanan asuransi, pertama perusahaan akan meminta riwayat medis nasabah sebagai persyaratan pengajuan asuransi.

Hal ini perlu dilakukan untuk menghitung besarnya risiko yang akan ditanggung perusahaan nantinya.

3.3 Hobi dan Kebiasaan

Selain kedua hal di atas, perusahaan asuransi juga akan menetapkan biaya premi lebih tinggi bagi orang yang memiliki profesi atau hobi berisiko.

Salah satu profesi yang berisiko yaitu skydiving yang dianggap memiliki risiko lebih tinggi terhadap keselamatan pemegang polis.

Jika Anda merupakan seorang perokok, biasanya akan dikenakan biaya atau tarif premi dua kali lebih tinggi dibandingkan non-perokok lho!

4. Jenis-jenis Asuransi Jiwa

Terdapat beberapa macam asuransi jiwa yang memiliki manfaat dan layanan yang ditawarkan dengan kelebihan dan kelemahan yang berbeda-beda.

Berikut kategori-kategorinya!

4.1 Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Term life insurance atau dalam bahasa Indonesia dikenal asuransi jiwa berjangka memiliki fungsi untuk memberi perlindungan kepada tertanggung dalam jangka waktu tertentu.

Biasanya, asuransi ini menawarkan kontrak untuk 5, 10, atau 20 tahun, dengan premi yang tetap dan terbilang murah.

Jika Anda mengutamakan masa depan keluarga terutama pendidikan anak, jenis asuransi ini dapat menjadi pilihan.

Sangat cocok bagi Anda yang memiliki kebutuhan akan biaya asuransi yang besar namun memiliki kemampuan keuangan terbatas.

Jika Anda mantap untuk mengikuti layanan asuransi ini, berikut beberapa keuntungan asuransi yang dapat Anda peroleh:

  1. Sebagai pemegang polis Anda mendapatkan kebebasan dalam menentukan besarnya premi yang sesuai dengan kemampuan Anda.
  2. Uang pertanggungan yang dapat Anda peroleh dapat mencapai angka miliaran rupiah yang artinya jika pihak tertanggung meninggal dunia saat masa kontrak masih aktif maka keluarga tertanggung akan mendapatkan uang pertanggungan yang cukup besar.

Sementara itu, kekurangan dari asuransi jenis ini adalah pihak tertanggung bisa kehilangan dana premi yang telah dibayarkan apabila setelah selesai kontrak pemegang polis atau tertanggung tidak mengalami gangguan kesehatan ataupun meninggal dunia.

4.2 Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Jenis asuransi ini memberikan proteksi seumur hidup bagi nasabahnya.

Namun, pada implementasinya biasanya perusahaan membatasi manfaat perlindungannya maksimal sampai 100 tahun.

Whole life insurance sangat direkomendasikan bagi Anda yang tidak memiliki tanggungan dan menginginkan manfaat yang lebih dari sekadar santunan kematian.

Jika Anda tertarik dengan ide tabungan jangka panjang, jenis pertanggungan ini sangat patut Anda coba juga!

Jadi, bila Anda menginginkan proteksi jiwa sekaligus tabungan demi kebutuhan darurat Anda seperti membayar tagihan rumah sakit, jenis asuransi jiwa ini sangat pantas Anda pertimbangkan.

Secara rinci, jenis asuransi ini akan memberikan keuntungan sebagai berikut:

  1. Sangat dimungkinkan bagi pemegang polis mendapatkan nilai tunai dari premi yang telah dibayarkan.
  2. Jika Anda sebagai tertanggung tidak dapat membayar angsuran premi secara berkala, Anda dapat menggunakan nilai tunai dari premi yang telah dibayarkan sebelumnya.
  3. Jika tidak ada klaim, premi yang telah Anda bayarkan tidak akan hangus.
  4. Uang pertanggungan akan diberikan kepada Anda ketika kontrak berakhir.

Sementara itu, kekurangan dari asuransi berjenis seumur hidup ini adalah sebagai berikut:

  1. Premi yang dibayarkan lebih tinggi dibandingkan asuransi jiwa berjangka, bahkan dapat mencapai dua kali lipatnya. Alasannya karena rata-rata angka harapan hidup orang Indonesia hanya mencapai 65 tahun untuk laki-laki dan 70 tahun untuk perempuan sehingga kemungkinan klaim asuransi sebelum masa proteksi akan lebih tinggi.
  2. Nilai tunai dari total premi yang dibayarkan tidak terlalu besar karena bunga untuk asuransi ini hanya sebesar 4% per tahun dan angka tersebut belum dipotong pajak juga, ya!

4.3 Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Mengacu pada namanya yaitu asuransi jiwa dwiguna atau endowment insurance, asuransi jenis ini memiliki dua manfaat yaitu sebagai asuransi jiwa berjangka sekaligus tabungan.

Itu artinya, Anda sebagai pemegang polis akan memperoleh kebermanfaatan berupa nilai tunai dari premi yang yang telah dibayarkan berupa uang pertanggungan jika pihak tertanggung meninggal dunia dalam periode tertentu sesuai dengan perjanjian polis.

Anda juga bisa mengajukan klaim sebelum masa kontrak polis pertanggungan ini berakhir!

Jenis asuransi ini sangat direkomendasikan jika Anda ingin memastikan ketersediaan dana pendidikan untuk anak, dana kebutuhan tak terduga, dan dana pensiun yang lebih tinggi.

Adapun keuntungan yang akan Anda nikmati jika menggunakan layanan asuransi ini adalah sebagai berikut:

  1. Seperti dijelaskan sebelumnya, Anda dapat melakukan klaim polis asuransi sebelum kontrak berakhir, misalnya untuk dana pendidikan anak Anda. Namun, hal tersebut hanya dapat dilakukan sekali dalam jangka waktu beberapa tahun sekali sesuai kesepakan yang telah dibuat.
  2. Jika pihak tertanggung tidak mengalami kematian sebelum kontrak berakhir, Anda dapat mendapatkan uang pertanggungan seluruhnya.

Selain keuntungan, pertanggungan ini juga memiliki kekurangan karena memiliki dua kebermanfaatan sehingga premi yang dibayarkan lebih tinggi.

4.4 Asuransi Jiwa Unit-link

Jika Anda mencari jenis asuransi yang menggabungkan kebermanfaatan asuransi dengan investasi, asuransi jiwa unit-link adalah jawabannya.

Anda yang tidak mengerti investasi tetapi ingin mencoba berinvestasi yang sekaligus ingin memastikan perlindungan terhadap risiko kematian tentunnya jenis unit-link sangat direkomendasikan.

Lebih jelasnya, keuntungan yang akan Anda peroleh sebagai pemegang polis tidak hanya jaminan proteksi atau perlindungan yang akan dapatkan, tetapi juga imbal hasil investasi dengan bunga yang cukup tinggi setiap tahunnya.

Selain itu, kelemahan atau kerugian asuransi jenis ini yang perlu Anda perhatikan juga adalah sebagai berikut:

  1. Imbal hasil dari investasi tidak terlalu signifikan dibandingkan investasi murni seperti saham dan reksa dana. Jika fokus Anda mengedepankan keuntungan yang lebih besar dari investasi, sebaiknya tidak mengandalkan asuransi unit-link.
  2. Nilai uang petanggungan cenderung rendah, terutama jika terjadi kegagalan dalam berinvestasi.

5. Tips Memilih Asuransi Jiwa

Setelah beberapa asupan bahasan di atas terutama jenis dan kebermanfaatan dari asuransi jiwa, ada beberapa tips dan trik agar Anda lebih hati-hati dalam memutuskan layanan mana yang akan Anda gunakan.

Berikut beberapa kiat dan cara agar Anda tidak salah pilih ketika keputusan Anda sudah pasti ingin mengikuti asuransi ini!

5.1 Lakukan Riset dan Pahami Produk Asuransi Jiwa

Agar ke depannya lancar, Anda sangat perlu melakukan riset dan memahami produk asuransi jiwa yang akan Anda gunakan.

Bagaimana maksudnya?

Maksudnya, Anda sangat perlu memperhatikan riwayat atau track record dari perusahaan asuransi yang akan Anda pilih.

Pilih perusahaan asuransi yang memiliki kredibiltas tinggi yang dapat dibuktikan dengan sudah terdaftarnya perusahaan di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jika belum terdaftar, jangan pernah memutuskan untuk memilih perusahaan tersebut karena kurang terpercaya.

Anda juga dapat mencari informasi-informasi di sosial media, situs web, atau platform lainnya terkait review atau ulasan nasabah yang sedang atau sudah menggunakan jasa asuransi perusahaan yang akan Anda pilih.

Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk memantapkan pengambilan keputusan ke depannya.

5.2 Tentukan Alasan Kenapa Anda Memerlukan Asuransi

Setelah Anda melakukan riset, klarifikasi kembali pada hati Anda untuk apa dan apa tujuan Anda menginginkan asuransi jiwa?

Pahami kembali manfaat asuransi seperti bahasan yang dipaparkan di atas, ya!

5.3 Pilih Premi Sesuai Kemampuan Finansial

Terdapat banyak produk asuransi jiwa yang ditawarkan dengan berbagai fitur di dalamnya yang dapat memengaruhi nilai premi yang perlu dibayarkan.

Jika Anda sudah memahami tujuan mengapa Anda mengikuti kegiatan asuransi, pilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda, ya!

Anda sendiri yang mengetahui kemampuan finansial Anda, jangan sampai setelah berjalan Anda membuka peluang muncul masalah dalam pembayaran premi.

Perlu Anda ingat dan pahami!

Asuransi itu tidak mesti mahal, asalkan sesuai dengan tujuan dan kebutuhan itu sudah cukup.

Biasanya para generasi milenial terjebak dalam masalah ini, dengan memilih asuransi yang mahal yang hanya sekadar untuk memuaskan gaya hidup dan tren yang sedang terjadi.

5.4 Jangan Menunda Membeli Asuransi

Jika sudah mantap memutuskan berasuransi, jangan sesekali Anda menunda rencana untuk mengikuti layanan asuransi.

Sebagian muda mudi biasanya tidak bersedia dan meremehkan asuransi sehingga merasa tidak akan memperoleh kebermanfaatan dari asuransi.

Perlu Anda ingat, semakin Anda tua biaya premi yang akan dilimpahkan pada Anda akan semakin tinggi.

Belum lagi, ketika tua nanti risiko Anda mempunyai penyakit sepeti diabetes, hipertensi, bahkan jantung menjadi lebih tinggi.

Tentu, hal tersebut juga mempengaruhi besaran premi nantinya.

5.5 Membaca Isi Polis dengan Teliti

Kiat atau tips terakhir ketika Anda sudah final memutuskan berasuransi adalah membaca dengan cermat dan teliti isi polis produk asuransi yang ditawarkan.

Pahami kontrak dan kebijakan yang tertuang pada polis dan periksa ulang ketentuan-ketentuannya karena akan berpengaruh pada pelayanan yang diberikan perusahaan kepada Anda nantinya.

6. Rekomendasi Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

Setelah mengetahui beberapa tips aman memilih asuransi jiwa, berikut beberapa rekomendasi produk asuransi jiwa yang bisa Anda pilih.

Sebenarnya ada banyak selain yang akan dipaparkan di bawah ini, tetapi di sini akan diulas 6 rekomendasi saja, ya!

6.1 Asuransi Jiwa Allianz

Perusahaan yang berkantor pusat di Jerman ini wajib Anda pertimbangkan jika hendak memilih asuransi jiwa.

Berbagai macam produk ditawarkan Allianz seperti SmartLink New Flexy Account, SmartLink Flexy Account Plus, dan SmartLink Maxi Fund Plus.

Allianz memberikan proteksi jiwa seumur hidup hingga berusia 100 tahun dengan berbagai premi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

6.2 Asuransi Jiwa AIA Financial

AIA Finansial merupakan perusahaan asuransi terkemuka yang pastinya sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain menawarkan asuransi jiwa, AIA Financial juga menawarkan produk lainya seperti asuransi kecelakaan diri, asuransi kesehatan, asuransi investasi, program kesejahteraan karyawan, program pesangon, dan program Dana Pensiun (DPLK).

Salah satu manfaat yang akan Anda peroleh jika Anda memilih perusahaan ini untuk mempercayakan jiwa Anda yaitu diberikannya santunan santunan mencapai Rp1,5 miliar.

Anda juga dapat mendapatkan loyalty bonus hingga 100% dan pilihan dana investasi yang beragam.

6.3 Asuransi Jiwa Cigna

Cigna menawarkan produk asuransi berupa term life atau whole life yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dengan besaran biaya premi berbeda-beda.

Salah satu keunggulan yang dimiliki Cigna yaitu menawarkan fasilitas speedy claim atau klaim cepat dalam waktu 30 menit untuk layanan rawat inap dengan maksimal besaran klaim sebesar Rp10 juta.

Selain menawarkan asuransi jiwa, Cigna yang berasal dari Amerika Serikat ini juga menawarkan asuransi kesehatan untuk individu atau keluarga dengan nama Family Care Optima dan Family Eazi Care.

Keduanya, dapat menanggung lima orang sekaligus dalam satu polis.

6.4 Asuransi Jiwa Simas Jiwa

Di tahun 2018, Simas Jiwa mendapatkan penghargaan “The Most Trust Life Insurance Company of The Year” yang berfokus pada tipe term life insurance.

Produknya yang paling terkenal bernama Simas Investa Link yang merupakan produk untuk keuangan jangka pendek yang memberikan perlindungan asuransi jiwa pada nasabahnya.

Meskipun asuransi Simas Jiwa bersifat berjangka (term life), tetapi masa tanggungannya cukup lama yaitu hingga nasabah berusia 100 tahun.

6.5 Asuransi Jiwa Prudential

Tak dapat dipungkiri, kepopuleran perusahaan asuransi yang sudah ada di Indonesia sejak tahun 1995 ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Prudential berfokus pada pelayanan asuransi kesehatan dan jiwa.

Asuransi ini mudah ditemukan karena banyak tersebar di seluruh Indonesia dengan berbagai produk yang ditawarkan.

Adapun beberapa produk yang ditawarkan Asuransi Prudential adalah PRULife Cover, PRUTotal & Permanent Disablement, PRUSafe Guard, seta PRUPersonal Accident Death & Disablement.

6.6 Asuransi Jiwa Manulife

Rekomendasi terakhir yaitu asuransi jiwa Manulife.

PT Asuransi Jiwa Manulife sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1986 yang menawarkan berbagai produk seperti produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan kecelakaan, dan dana pensiun bagi nasabah individu atau pelaku bisnis.

Produk asuransi yang banyak digunakan dan populer di masyarakat adalah Santunan Proteksi Jiwa Berjangka yang aktif sampai periode waktu tertentu.

Nah, bagaimana?

Sudahkan menentukan atau memutuskan produk asuransi apa yang akan dipilih?

Semoga artikel ini bermanfaat ya, terima kasih!

DAFTAR ISI BELAJAR ASURANSI

Asuransi
1. Asuransi Pendidikan
2. Asuransi Jiwa
3. Asuransi Kesehatan
4. Asuransi Kendaraan
5. Asuransi Bisnis
6. Asuransi Properti

2 pemikiran pada “Asuransi Jiwa: Manfaat, Jenis, Tips, dan Rekomendasinya”

Tinggalkan komentar